Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Pendekatan Fuzzy-AHP dan Electre II untuk Perangkingan Prioritas Pengerjaan Order Peralatan Industri Proses di PT. Barata Indonesia (Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Pendekatan Fuzzy-AHP dan Electre II untuk Perangkingan Prioritas Pengerjaan Order Peralatan Industri Proses di PT. Barata Indonesia (Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Novi Pramatasari
Subject(s) Fuzzy-AHP
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kondisi persaingan pasar yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk selalu meningkatkan competitive prioritiesnya agar mampu bertahan. Diantaranya adalah dengan memanage sumber daya-sumber daya yang ada secara efektif dan efisien serta meningkatkan kecepatan delivery time tanpa mengesampingkan kualitas produk yang dihasilkan sebagai salah satu wujud pelayanan perusahaan kepada customer. PT. Barata Indonesia sebagai perusahaan dengan sistem job order yang bergerak di bidang produksi alat-alat berat tentunya juga harus mampu memenuhi requirement-requirement tersebut sehingga mampu menghadapi tantangan pasar. PT. Barata Indonesia seringkali menghadapi masalah dalam menentukan prioritas pengerjaan pada order-order yang masuk terutama ketika order-order tersebut masuk secara bersamaan dan memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan fuzyy-AHP dan ELECTRE II karena kondisi lingkungan perusahaan, kriteria-kriteria yang dijadikan parameter pengambilan keputusan, dan preferensi perusahaan bersifat fuzzy. Metode Fuzzy-AHP digunakan untuk mendapatkan pembobotan terhadap data kualitatif yang berasal dari kuesioner. Pembobotan data kualitatif dan kuantitatif yang terintegrasi kemudian dijadikan input dalam metode ELECTRE II untuk merangking prioritas pengerjaan order. Dari hasil penelitian diperoleh order Piping Works of Equipment E-0502 sebagai alternatif dengan prioritas teratas, serta kriteria ketersediaan raw material, ketersediaan SDM, due date, dan nilai order sebagai kriteria yang paling dipentingkan untuk menentukan prioritas pengerjaan order. Kata kunci : Fuzzy-AHP,ELECTRE II , prioritas pengerjaan order.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, MEng. Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous