RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengendalian Jumlah Container di Masing-masing Kota Pelaguhan dengan Merelokasi Agar Tidak Terjadi Kekurangan pada Perusahaan Pelayaran (Studi Kasus : PT. X) |
Edition | |
Call Number | |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Sayidati Sholichah |
Subject(s) | Heuristic System Modeling |
Classification | 658.403 2 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2007 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Pergerakan container dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain adalah salah satu faktor penting yang harus dikendalikan dalam perusahaan pelayaran yang bergerak dengan sistem container, mengingat perannya yang juga mempunyai kontribusi terhadap laba perusahaan. Jumlah container yang dibutuhkan PT. X dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang fluktuatif tergantung dari fluktuasi market. Dalam penelitian ini dibuat model status pergerakan container untuk mengetahui keadaan container di suatu kota pada tanggal tertentu sehingga akan diketahui kelebihan maupun kekurangan persediaan container yang terjadi. Untuk membuat keputusan apa yang tepat ketika terjadi kekurangan maupun kelebihan persediaan container di 15 kota pelabuhan, maka disusun model penjadwalan heuristik dengan beberapa kriteria. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat 4 (empat) kota yaitu Jakarta, Banjarmasin, Samarinda dan Kupang yang pada periode April 2007 mengalami kekurangan persediaan, untuk mengatasinya maka dilakukan alokasi persediaan dari Surabaya. Kelebihan persediaan container terjadi di kota-kota selain 4 kota tersebut dan untuk meningkatkan profit perusahaan maka dilakukan pelepasan pada beberapa kelebihan persediaan untuk disewakan keperusahaan lain. Kata Kunci : container, heuristik, persediaan, permodelan sistem |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Ir. Moses L. Singgih, M.Sc., M. Reg.Sc |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |