Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Kadar Air dan Kadar Yodium dalam Produksi Garam dengan Metode Response Surface (Studi Kasus pada PT. Susanti Megah)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Kadar Air dan Kadar Yodium dalam Produksi Garam dengan Metode Response Surface (Studi Kasus pada PT. Susanti Megah)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Munafsin Al Arif
Subject(s) Design of Experiment
Classification 001.434
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Susanti Megah adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi garam. Dalam proses produksi terdapat beberapa kondisi yang harus memenuhi standar (SNI) yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu kadar air produk dan kadar yodium. Untuk kadar air tidak boleh melebihi 10%, sedangkan kadar yodium harus di atas 30 ppm. Untuk memenuhi standar, perusahaan hanya menggunakan estimasi sederhana. Tiap kali proses produksi, digunakan yodium dengan jumlah yang cukup besar dengan harapan kemungkinan terjadinya penurunan kadar yodium dalam produk tidak sampai di bawah nilai standar. Perusahaan menetapkan tiap proses harus mampu menghasilkan kadar yodium 80 ppm. Tentu saja nilai ini sangatlah besar jika dibandingkan dengan nilai standar dan biaya produksi akan semakin besar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kadar yodium yang optimal. Di samping kadar yodium, juga terdapat respon kadar air produk yang memiliki fungsi tujuan berkebalikan dengan kadar yodium yang juga perlu dipertimbangkan. Dalam penelitian ini digunakan metode respon surface untuk mengetahui nilai optimum dari sistem Keyword : kadar air, kadar yodium, response surface.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Budi Santosa, M.Sc, PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous