Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Produktivitas Proses Pelayanan Telkomfleksi dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DIY)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Produktivitas Proses Pelayanan Telkomfleksi dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DIY)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Muhamad Zakaria
Subject(s) Productivity Analysis
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perkembangan sektor perindustrian yang semakin pesat berperan terhadap pertumbuhan perekonomian. Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak lingkungan yang cukup signifikan dan berdampak pada perubahan yang dinamis terhadap keseimbangan lingkungan. Untuk itulah perlu adanya suatu identifikasi lingkungan. Indentifikasi ini nantinya diperlukan untuk mengetahui sektor mana yang memberikan kontribusi terbesar terhadap lingkungan dan setelah itu dapat dilakukan perbaikan untuk mengurangi dampak lingkungan. Dalam pemilihan alternatif ini nantinya dimunculkan beberapa alternatif dengan didukung beberapa criteria sehingga dalam pengambilan keputusan akan diperoleh alternatif perbaikan yang optimal. Life Cycle Assessment merupakan suatu metode yang digunakan untuk melakukan identifikasi life cycle produk Kikir (Files) yang berkaitan dengan kontribusinya terhadap lingkungan, sehingga akan diketahui bagian mana yang memberikan kontribusi terbesar terhadap lingkungan. Dalam melakukan metode ini akan dibantu dengan menggunakan Software SIMAPRO 5.0, dimana didapat bahwa generator memberikan kontribusi terbesar. Dari usulan perbaikan terdapat tiga alternatif untuk mengganti material High carbon steel bard. ELECTRE III sebagai metode MCDM yang digunakan untuk merangking alternatif perbaikan dari urutan prioritas yang terbaik sampai yang terburuk. Dengan menggunakan metode ini didapatkan urutan rangking yaitu steel recycled, low carbon steel bard dan grey cast iron. Kata kunci : Return LCA, SIMAPRO 5.0, ELECTRE III, Manajemen Lingkungan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Moses L. Singgih, MSc., MReg Sc.,PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous