Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Pengelolaan Daur Sampah Aluminium untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus : Pemilihan Sampah Mandiri di Kelurahan Kebonsari Kota Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Pengelolaan Daur Sampah Aluminium untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus : Pemilihan Sampah Mandiri di Kelurahan Kebonsari Kota Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Prasetyo Adi Purnomo
Subject(s) Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Daur ulang sampah aluminium merupakan salah satu pemecahan masalah timbunan sampah yang tidak proporsional di kota-kota besar seperti Surabaya. Adapun pengelolaan daur ulang sampah aluminium saat ini masih didominasi oleh aktivitas informal dengan koordinasi masing-masing pihak yang masih belum bisa dikatakan baik. Dalam penelitian ini dilakukan proses pengamatan kondisi nyata pengelolaan daur ulang sampah aluminium saat ini. Terdapat beberapa aktivitas utama pengelolaan daur ulang aluminium yaitu pengumpulan, persiapan produksi, dan produksi daur ulang itu sendiri. Adapun tujuan utama penelitian adalah bagaimana menghubungkan aktivitas-aktivitas di atas menjadi satu rangkaian aktivitas yang terkoordinasi dengan baik. Sudut pandang kajian dalam penelitian ini adalah sudut pandang sistem secara keseluruhan dengan menerapkan pendekatan sistemik sehingga dapat diperoleh sebuah model sistem pengelolaan daur ulang aluminium dengan hasil optimal, terutama pada peningkatan pendapatan warga dari harga sampah yang diterima. Dari hasil penelitian terlihat bahwa model sistem yang diusulkan dapat memberikan penurunan biaya pengelolaan daur ulang sampah secara keseluruhan sehingga dapat meningkatkan perolehan harga sampah yang diterima warga sebesar ± 25% dari harga awal Rp. 9.000,00 menjadi lebih dari Rp. 11.000,00. Kata kunci : Daur ulang, sampah aluminium, pengelolaan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous