Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Peralatan Peleburan sebagai Media Daur Ulang Sampah Aluminium (Studi Kasus : Industri Lkecil Menengah Peleburan Sampah Aluminium Desa Sumobito, Jombang, Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Peralatan Peleburan sebagai Media Daur Ulang Sampah Aluminium (Studi Kasus : Industri Lkecil Menengah Peleburan Sampah Aluminium Desa Sumobito, Jombang, Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ariep Wicaksono
Subject(s) Environmental Management
Product Design and Development
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permintaan aluminium yang tinggi membuat usaha daur ulang sampah berjenis aluminium menjadi cukup menarik mengingat akan keuntungan yang dapat diperoleh. Selain secara finansial, proses daur ulang ini juga mendukung sistem pengelolaan sampah. Sebagian sampah yang dihasilkan masyarakat, dapat diolah kembali. Salah satu industri kecil menengah yang bergerak di bidang daur ulang sampah aluminium berada di Desa Sumobito, Jombang, Jawa Timur. Dari pengamatan, ditengarai bahwa peralatan yang selama ini digunakan memiliki beberapa kekurangan. Hal ini memunculkan permasalahan bagaimana merancang dan mengembangkan peralatan peleburan logam aluminium sebagai sebuah alternatif perbaikan. Sehingga, peralatan hasil pengembangan ini mampu memenuhi harapan pelanggan yaitu pengguna di kalangan Industri Kecil Menengah desa Sumobito, Jombang; mampu memberikan peningkatan efisiensi dan performansi pada proses peleburan; serta mampu mendukung sistem pengelolaan sampah terpadu. Adapun metode yang dipakai untuk menyelesaikan permasalahan ialah tahapan perancangan dan pengembangan produk Ulrich-Eppinger, dilengkapi dengan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk menerjemahkan kebutuhan dan keinginan penlanggan ke dalam karakteristik desain produk; Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk membentuk hierarki dari voice of customer dan menentukan bobot masing-masing kriteria pengembangan produk; dan Value Engineering (VE) untuk memilih alternatif konsep produk terbaik. Hasil yang diperoleh yaitu sebuah rancangan peralatan peleburan sampah aluminium yang mampu memberikan penghematan waktu proses peleburan sebesar 12,65% untuk siklus dengan setup dan 24,31% untuk siklus setelah setup, penghematan konsumsi bahan bakar sebesar 21,50% untuk siklus dengan setup dan 18,63% untuk siklus setelah setup, peningkatan keuntungan (tanpa memperhatikan biaya perawatan dan perbaikan) sebesar 28,67% dan peningkatan reduksi sampah aluminium berjenis kaleng minuman atau minyak wangi sebesar 28,57% per hari. Kata Kunci : Peralatan peleburan aluminium, Perancangan dan Pengembangan Produk, Voice of Customer
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous