Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Algoritma Tabu Search dalam Perancangan Pendistribusian Surat Kabar [Studi Kasus : Ekspedisi Mandiri (Jawa Pos)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Algoritma Tabu Search dalam Perancangan Pendistribusian Surat Kabar [Studi Kasus : Ekspedisi Mandiri (Jawa Pos)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ery Ira Kusumah
Subject(s) ALGORITHMS
DISTRIBUTION MANAGEMENT
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dari banyak pendekatan yang dipakai dalam peningkatan produktifitas sistem distribusi, seperti operational research khususnya untuk permasalahan VRPTW terbukti bahwa algoritma heuristik lebih efektif untuk menyelesaikan permasalahan yang lebih komplek. Algoritma tabu search merupakan salah satu algoritma heuristik yang memiliki kelebihan dalam hal menyimpan solusi-solusi yang telah didapatkan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan algoritma tabu search dalam penentuan rute distribusi surat kabar Jawa Pos. Tahapan awal dalam algoritma tabu search menggunakan algoritma nearest neighbour sebagai inputan. Pengaplikasian tabu search yang telah dibahasakan ke bahasa pemrograman MATLAB mampu meminimumkan jumlah kendaraan yang dipakai dalam rute pendistribusian surat kabar Jawa Pos. Kata kunci : VRPTW, Algoritma Tabu Search, Algoritma Nearest Neighbour, Distribusi surat kabar.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, MEng;Ir. Budi Santosa, M.Sc.PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous