Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Efisiensi Unit Pembangkit Listrik dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus : PT PJB Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Efisiensi Unit Pembangkit Listrik dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus : PT PJB Gresik)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Maya Dhita Elok Prasthanika
Subject(s) DEA
MCDM
Productivity Analysis
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kebutuhan listrik di Indonesia yang tinggi tidak sebanding dengan produksi listrik yang mampu dihasilkan oleh pembangkit listrik yang sudah ada. Selain kurangnya pembangkit listrik khususnya di luar Jawa, hal ini juga disebabkan tidak maksimalnya produktivitas pembangkit yang sudah ada. Untuk itu diperlukan suatu analisa efisiensi bagi unit pembangkit agar dapat dioptimalisasikan penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor input dan output yang mempengaruhi efisiensi unit pembangkit listrik, mengetahui unit mana yang tidak efisien dibandingkan unit amatan lain dan perbaikan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensinya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari sembilan unit Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) yang diteliti terdapat empat unit PLTGU inefisien. Perbaikan yang dapat dilakukan, misalnya untuk unit PLTGU 3.1 diperlukan peningkatan produksi sebesar 62947.45 MWH, penurunan maintenance cost menjadi 18.59 milyar serta penurunan service hour menjadi 7608.5 jam. Kata Kunci : Efisiensi, Pembangkit listrik, Data Envelopment Analysis (DEA), PJB Gresik
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous