Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Kualitas Pelayanan Kapal dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Kualitas Pelayanan Kapal dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ryzkiningtyas Tri Puspitasari
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pelabuhan Tanjung Perak memiliki keinginan untuk mewujudkan pelayanan yang baik, maka langkah yang diambil oleh Pelabuhan Tanjung Perak adalah memberikan pelayanan yang memuaskan, seperti kemudahan birokrasi pelabuhan, kelengkapan fasilitas pelayanan, kecepatan waktu pelayanan dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kapal dengan pendekatan Lean Six Sigma. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Six Sigma dengan menggunakan siklus DMAIC, yang dimulai dengan mengidentifikasi waste yang ada, melakukan perhitungan kapabilitas dari CTQ yang telah ditemukan, menganalisa penyebab terjadinya waste, melakukan improve untuk perbaikan proses dengan menggunakan pendekatan value dan yang terakhir adalah membuat perencanaan control. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan waste yang paling berpengaruh yaitu, waste inappropriate processing, waiting, defect dan excessive transportation. Nilai kapabilitas terendah adalah pada proses penyerahan bukti pelayanan dari Pandu, sedangkan nilai kapabilitas tertinggi adalah pada banyak komplain dari pengguna jasa. Kata Kunci : Lean Six Sigma, Pelayanan Kapal, Waste, FMEA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh. Suef, M.Eng.Sc;Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous