Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Tingkat Implementasi dan Peningkatan Penggunaan Alat Pelindung Diri, pada Level Produksi dalam Menunjang Keselamatan Kerja (Studi Kasus di Workshop 4, PT. barata Indonesia Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Tingkat Implementasi dan Peningkatan Penggunaan Alat Pelindung Diri, pada Level Produksi dalam Menunjang Keselamatan Kerja (Studi Kasus di Workshop 4, PT. barata Indonesia Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Robinson S. Situru
Subject(s) K3
Occupational Safety and Health
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kecelakaan merupakan hal yang tidak diinginkan terjadi dan tidak dapat diketahui kapan terjadinya, namun dapat diantisipasi. Terciptanya kondisi yang aman dari kemungkinan kecelakaan akan memperlancar kinerja perusahaan serta menjaga produktivitas kerja. Ada berbagai cara dalam mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja, salah-satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan frekuensi penggunaan APD pada level produksi. Tingkat penggunaan alat pelindung diri (APD) sangat berpengaruh pada tingkat keselamatan kerja, dimana semakin rendah frekuensi penggunaan alat pelindung diri, semakin besar kesempatan terjadinya kecelakaan kerja. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat penggunaan APD antara lain: peraturan penggunaan APD, desain APD, kondisi lingkungan kerja, human-machine interfaces dan lain-lain. Dalam penelitian ini pengukuran awal tingkat implementasi APD di workshop 4 pada level produksi dilakukan dengan menggunakan dua penilaian. Penilaian yang pertama adalah dengan menggunakan Cheklist K3 untuk mengetahui nilai implementasi program K3 khususnya mengenai APD. Penilaian yang kedua dengan menentukan tingkat Loss Rate atau tingkat kerugian yang diderita perusahaan karena terjadinya kecelakaan kerja sebagai akibat dari minimnya tingkat implementasi program penggunaan APD. Hasil dari perhitungan Cheklist akan digabungkan dengan perhitungan tingkat Loss rate yang terjadi sehingga akan diperoleh level implementasi penggunaan APD. Setelah diketahui nilai implementasi APD selanjutnya dilakukan peningkatan penggunaan APD dengan menemukan persoalan utama dan penyebab minimnya penggunaan APD kemudian dilakukan perancangan perbaikan. Dalam menemukan penyebab masalah yang dapat menyebabkan minimnya penggunaan APD digunakan Cause and Effect Diagram dan untuk mencari persoalan utama yang dominan dan yang perlu segera diatasi digunakan diagram Pareto. Sedangkan perbaikan dilakukan perancangan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Kata kunci: checklist, level implementasi penggunaan APD, loss rate, diagram Pareto, diagram Cause and Effect .
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Aditya Sudarno, ST. MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous