Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Sistem Penjadwalan Kapal dengan Metode Rule-Based Scheduling Algorithm dan Perancangan Sistem Penunjang Keputusannya (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Sistem Penjadwalan Kapal dengan Metode Rule-Based Scheduling Algorithm dan Perancangan Sistem Penunjang Keputusannya (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Marija Ulfija
Subject(s) Decesion Support System
Scheduling
Classification 658.53
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT Petrokomia Gresik sebagai salah satu produsen pupuk dengan jumlah variasi produk terlengkap di Indonesia memiliki beberapa masalah di unit-unit yang dimilikinya. Salah satunya yaitu masalah yang ada di bagian pelabuhan sebagai unit distribusi produk melalui jalur laut. Permasalahan utama yang dihadapi adalah seringnya terjadi antrian dan delay pada kapal di pelabuhan. Penelitian ini menggunakan metode Rule-Based Scheduling Algorithm dalam membuat suatu pemodelan sistem penjadwalan kapal yang efektif dan efisien. Sebelumnya diidentifikasi terlebih dahulu mengenai faktor-faktor yang dibutuhkan dalam merancang model penjadwalan kapal melalui pengamatan kondisi di lapangan. Sedangkan untuk mendukung penjadwalan yang dibuat dan agar jadwal kedatangan kapal tersebut dapat di up date setiap saat, dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian, dalam membentuk aturan rule-based scheduling algorithm, aturan-aturan yang digunakan adalah earliest due date, processing time, penentuan dermaga beserta alat yang digunakan, dan aturan prioritas yang menggunakan skala nilai tertentu. Dengan memanfaatkan aplikasi konsep sistem pendukung keputusan, pihak pelabuhan dapat dengan mudah melakukan penjadwalan dalam menentukan urutan kedatangan kapal yang dapat mengurangi antrian dan delay kapal di pelabuhan. Kata Kunci : Penjadwalan, rule-based scheduling algorithm, sistem pendukung keputusan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous