Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Lean Maintenance pada Aktivitas Perawatan Overhaul Pesawat Terbang Fokker F28MK100 (Studi Kasus Merpati Maintenance Facility Juanda)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Lean Maintenance pada Aktivitas Perawatan Overhaul Pesawat Terbang Fokker F28MK100 (Studi Kasus Merpati Maintenance Facility Juanda)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Medalian Paradipta
Subject(s) Lean Maintenance
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Jasa maintenance transportasi udara haruslah memperhatikan kualitas pelayanannya agar bisnis tersebut dapat bertahan dan berkembang. Peranan industri ini adalah untuk perawatan pesawat terbang yang diharapkan dapat menjaga kelangsungan umur operasi dan meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan kerja. Merpati Maintenance Facility (MMF) merupakan sebuah Strategic Business Unit (SBU) dari Merpati Nusantara Airlines yang bergerak di bidang tersebut. Permasalahan yang terjadi adalah adanya keinginan dari pihak perusahaan agar proses perawatan dalam hangar maupun workshop dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien, biaya operasi rendah dengan keuntungan yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi waste yang terjadi sepanjang aliran nilai proses perawatan tersebut kemudian mengeliminasinya. Untuk mengkaji permasalahan diatas, maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian ini akan mencoba mengidentifikasi waste dan akar penyebabnya sehingga dampak dari waste tersebut dapat diminimalkan atau bahkan dieliminasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fase-fase penerapan lean maintenance yang membutuhkan kerja sama dari keseluruhan level dalam organisasi MMF ini. Sebagai pilot project, obyek yang dipilih adalah perawatan overhaul pesawat Fokker F28MK100 Desain alternatif perbaikan akan dirancang untuk waste yang terjadi, lalu perhitungan lead time dari perbaikan akan dilakukan untuk dibandingkan dengan lead time pada kondisi eksisting. Kata kunci : lean, maintenance, waste, pesawat terbang.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST. MT;Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous