Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Jumlah dan Kapasitas Sistem Boiler Optimal untuk Mencapai Service Factor dengan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus PT. X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Jumlah dan Kapasitas Sistem Boiler Optimal untuk Mencapai Service Factor dengan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus PT. X)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Noveicalistus H.D
Subject(s) Service Factor
Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pengukuran nilai Service factor suatu sistem produksi merupakan salah satu tolak ukur bagi perusahaan untuk menganalisa performansi dari sistem produksi untuk memenuhi target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Pada PT X, pengukuran Service factor dilakukan untuk menganalisa seberapa mampu suatu konfigurasi steam plan memenuhi target produksi yang telah ditetapkan. PT X menetapkan suatu standard minimum Service factor dari suatu konfigurasi steam plan yaitu sebesar 99%. Terdapat beberapa konfigurasi yang ditawarkan oleh pihak kontraktor pada PT X. Perlu untuk dihitung dan dianalisa Service factor dari tiap konfigurasi agar steam plant akan dibangun sesuai konfigurasi yang ada dapat memenuhi target produksi sebesar 3320 ton/jam. Perhitungan nilai Service factor dilakukan dengan menggunakan metode simulasi. Aliran proses diagram dari produksi steam diubah ke dalam bentuk blok diagram keandalan. Blok diagram keandalan yang dibuat, didasarkan atas hubungan antar tiap komponen mesin penyusun steam plant. Digunakan software Arena 5.0 untuk memodelkan blok diagram keandalan steam plant dan Microsoft Excel untuk menghitung nilai service factor berdasarkan output hasil running simulasi. Dari hasil perhitungan, didapatkan nilai service factor steam plan optimal sebesar 99,16%. Nilai tersebut merupakan konfigurasi dengan 7 Sistem Boiler, dimana kapasitas normal 1 Sistem Boiler sebesar 475 ton/jam dan kapasitas maksimal 560 ton/jam. Kata kunci : Service factor, Simulasi, Blok diagram keandalan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST., MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous