Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Penempatan Pusat Bantuan dan Posko-posko Bantuan Bencana dengan Menggunakan Metode Covering Problem (Studi Kasus : Gempa Bumi Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Penempatan Pusat Bantuan dan Posko-posko Bantuan Bencana dengan Menggunakan Metode Covering Problem (Studi Kasus : Gempa Bumi Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Erika Hakasmanti
Subject(s) Covering Problem
Disaster Management
Classification 363.384
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Bencana merupakan suatu kejadian yang sulit diprediksi dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Penyebab bencana tersebut sangat bervariasi dikarenakan faktor alam dan ulah manusia. Dampak dari bencana akan mengakibatkan kerusakan dalam skala besar secara fisik dan psikis dan mengancam nyawa manusia dalam jumlah banyak dalam kerugian tertentu. Dalam upaya penanganan bencana, kecepatan bertindak merupakan faktor penting dalam kegiatan penyelamatan dan mengurangi penderitaan akibat bencana. Penelitian ini akan memfokuskan pada bencana gempa bumi yang telah terjadi di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan akan dilakukan penentuan lokasi posko dan pusat posko dengan mempertimbangkan empat faktor yaitu adanya ketersediaan bangunan , lahan kosong atau ruang terbuka hijau, kemudahan akses (aksesbilitas) ke daerah bencana, kecepatan respon dan banyaknya korban berdasarkan jumlah penduduk. Metode yang digunakan adalah set covering problem dan maximum covering problem untuk menentukan jumlah dan lokasi posko dan p-center problem untuk menentukan pusat posko. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah posko yang optimal dengan radius 10km sebanyak 14 posko dengan pusat penempatan bantuan berada di Srandakan (Bantul), Minggir (Sleman), Wates (Kulon Progo), Paliyan (Gunung Kidul), dan Kraton (Yogyakarta). Jumlah posko yang didirikan dengan radius 5km sebanyak 37 posko dengan pusat penempatan bantuan berada di Pandak (Bantul), Gamping (Sleman), Kalibawang (Kulon Progo), Semanu (Gunung Kidul), dan Kraton (Yogyakarta). Kata Kunci : Disaster Management, Set Covering Problem, Maximum Covering, P-Center Problem
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT;Naning Arabti Wessiani, ST. MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous