Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Inventory Routing Problem (IRP) dalam Perencanaan Strategi Distribusi Guna Meminimumkan Total Cost (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Inventory Routing Problem (IRP) dalam Perencanaan Strategi Distribusi Guna Meminimumkan Total Cost (Studi Kasus : PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Eva Ardhanarysvari
Subject(s) DISTRIBUTION MANAGEMENT
INVENTORY CONTROL
Classification 658.8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pupuk merupakan elemen yang sangat penting bagi pertanian guna menyuburkan tanah, karena kesuburan tanah berpengaruh terhadap kualitas hasil pertanian. PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu produsen pupuk terbesar di Indonesia yang memenuhi kebutuhan masyarakat akan pupuk yang bersubsidi dan pupuk non-subsidi. Objek penelitian ini adalah sistem distribusi pupuk ZA bersubsidi di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Sistem distribusi yang diterapkan oleh PT. Petrokimia Gresik sekarang ini masih menganut konsep tradisional, yang mana dalam proses pendistribusian pupuk dilakukan jika ada permintaan dari kios. PT. PETROKIMIA Gresik bertanggung jawab terhadap pendistribusian pupuk sampai ke gudang penyangga. Permasalahan yang sering terjadi pada sistem distribusi ini, yaitu seringn terjadi stockout di kioskios serta spekulasi harga pupuk oleh distributor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi distribusi yang baru dengan menerapkan Inventory Routing Problem (IRP) guna meminimumkan total cost, dimana PT. PETROKIMIA Gresik nantinya yang menentukan besarnya quantity delivery yang optimal, interval waktu pengiriman yang tepat, serta rute kendaraan yang terbaik ke masing-masing kios. Jadi dengan menerapkan konsep IRP tersebut, maka kios tidak perlu lagi mengelola inventory mereka sehingga dapat mereduksi inventory holding cost. Berdasarkan penelitian ini, sistem distribusi dengan menggunakan konsep IRP dapat mereduksi total cost sebesar Rp 403.437,- per hari atau Rp 145.237.606,- per tahun, dengan melakukan pengiriman pupuk sebanyak 3 kali dalam periode 6 hari dalam jumlah yang sama. Hasil tersebut diperoleh setelah melalui fase inisialisasi dan fase improvement. Kata kunci: VRP, VMI, IRP, delivery quantity, frekuensi pengiriman, total cost
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE;Stefanus Eko W., ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous