Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Penjadwalan Produksi untuk Meminimalkan Total Flowtime dengan Pendekatan Algoritma Genetika Aplikasi pada : Bagian Weaving (Pertenunan) PT. Mermaid Textile Industry Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Penjadwalan Produksi untuk Meminimalkan Total Flowtime dengan Pendekatan Algoritma Genetika Aplikasi pada : Bagian Weaving (Pertenunan) PT. Mermaid Textile Industry Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Yunita Kurniawati
Subject(s) GENETIC ALGORITHMS
Scheduling
Classification 658.53
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan penjadwalan produksi selalu menjadi hal penting untuk dibahas dan dicari solusinya. Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari peralatan fungsional bagi perusahaan yang sedang mengembangkan Supply Chain Management, yang pada waktu belakangan ini menjadi salah satu proses penting dalam upaya peningkatan produktivitas. Sistem penjadwalan secara manual dirasa sudah kurang layak digunakan oleh perusahaan. Perkembangan teknologi informasi yang pesat mengakibatkan persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi akan menjadi jawaban untuk menghadapi tantangan tersebut. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dibahas mengenai perancangan penjadwalan pada PT. Mermaid Textile Industry Indonesia, yang merupakan salah satu perusahaan berskala besar yang bergerak dalam bidang industri tekstil. Sistem produksi perusahaan tersebut bersifat Make to Order dan setiap order memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan permintaan buyer. Bagian yang menjadi fokus penelitian adalah bagian weaving (pertenunan), karena pada bagian ini sistem penjadwalannya cukup kompleks. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk penyelesaian permasalahan tersebut adalah pendekatan Algoritma Gemetika. Dalam konteks penelitian ini, logika penjadwalan ditransformasikan dalam algoritma genetika untuk menentukan kombinasi yang optimal untuk menjadwalkan sejumlah order dengan tujuan untuk meminimalkan total waktu pengerjaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode ini cukup baik untuk diterapkan pada sistem perancangan sistem penjadwalan. Kata kunci : scheduling, genetic algorithmi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous