Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Jumlah dan Jenis Kapal Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Menggunakan Metode Simulasi (Studi Kasus : PT. Pertamina UPMS VIII)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Jumlah dan Jenis Kapal Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Menggunakan Metode Simulasi (Studi Kasus : PT. Pertamina UPMS VIII)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ardi Arwanto
Subject(s) Distribution System
Simulation
System Modeling
Classification 658.406
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Selama ini PT Pertamina UPMS VIII bertanggung jawab terhadap pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) di daerah Jayapura , Maluku, Ternate dan Tobelo. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab PT Pertamina UPMS VII, pendistribusian bahan bakar minyak diharapkan jangan sampai terjadi kekurangan pasokan pada depo-depo. Bahan bakar yang dikirimkan ada 4 jenis yaitu avtur,premium,kerosin,solar dan kapal yang sekarang dimiliki oleh Pertamina UPMS VIII ada 8 kapal dan sistem sewanya adalah time charter. Time charter, yaitu kapal disewa berdasarkan waktu sewa dan bukan berdarkan berapa kali pengiriman. Sistem ini menyebabkan perlunya efisiensi dalam penentuan berapa kapal yang sebaiknya di sewa, karena jika terlalu banyak malah akan membebani biaya sewa tanpa memberi kontribusi yang terlalu signifikan.Dari data-data pelayaran dan data di depo diharapkan kita akan meniru sistem distibusi bahan bakar dengan menggunakan simulasi pada software Arena 5.0 dan membuat skenario penentuan jumlah kapal yang mencukupi sehingga tidak terjadi shortage di depo. Dari hasil peneletian didapatkan bahwa 8 kapal yang sekarang dimiliki Pertamina UPMS VII telah mencukupi untuk melakkan distribusi, dan bisa dikurangi maksimal menjadi 7 kapal tanpa menggangu permintaan kebutuhan bahan bakar . Kata kunci : Permodelan sistem, sistem distribusi, Arena 5.0,VBA Excel,
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST., MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous