Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Perbaikan Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : Instalansi Rawat Inap R.S Brawijaya Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Perbaikan Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : Instalansi Rawat Inap R.S Brawijaya Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Elvaretta Zenya S.
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rumah sakit merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dimana kesehatan merupakan kebutuhan bagi semua lapisan. Adapun didalam perkembangan teknologi yang pesat dan persaingan yang semakin ketat, maka rumah sakit dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanannya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya didalam memenuhi kebutuhan pasien. Kemampuan rumah sakit dalam memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur dari tingkat kepuasan pasien. Komplain terhadap pelayanan terbanyak berasal dari pasien instalasi rawat inap yang merasa tidak puas terhadap pelayanan rumah sakit. Dilain pihak pasien instalasi rawat inap merupakan konsumen yang memberikan pemasukan terbesar bagi pihak rumah sakit. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan kesehatan khususnya pada pelayanan rawat inap di dalam memenuhi kebutuhan pasien. Dengan pendekatan Lean Six Sigma diharapkan rumah sakit dapat mengurangi jumlah komplain dengan meningkatkan kinerja rumah sakit di dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Dari hasil pengukuran dan analisa data diketahui beberapa perbaikan yang perlu dilakukan antara lain, menugaskan petugas di bagian administrasi pada hari sabtu dan minggu, membangun teknologi informasi, menyediakan formulir terstruktur tentang kebutuhan, keluhan dan kepuasan pelanggan dan meningkatkan motivasi perawat dengan meningkatkan kesejahteraan dan melakukan efisiensi jumlah perawat di instalasi rawat inap. Implementasi usulan perbaikan tersebut dapat meningkatkan value pelayanan pasien rawat inap sebesar 0,122. Kata kunci : Kualitas Jasa, Lean Six Sigma, Rumah Sakit
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous