Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Green dan Lean Productivity dalam Upaya Peningkatan Produktivitas (Studi Kasus Instalansi Penjernihan II (IPAM II) PDAM Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Green dan Lean Productivity dalam Upaya Peningkatan Produktivitas (Studi Kasus Instalansi Penjernihan II (IPAM II) PDAM Surabaya)
Edition
Call Number 2008/02
ISBN/ISSN
Author(s) Venny Aditya Meinitha
Subject(s) Productivity
Classification 658.566
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah salah satu perusahaan daerah dengan kegiatan pokok melayani dan menyediakan air bersih kepada masyarakat melalui sistim perpipaan. PDAM Surabaya memiliki beberapa instalasi penernihan air minum salah satunya adalah Instalasi Penjernihan Air Minum (IPAM) II Ngagel Surabaya yang menjadi obyek penelitian. Agar masyarakat dapat menikmati air bersih yang terjamin kualitas dan mencukupi kuantitasnya serta mendukung pembangunan berkelanjutan maka PDAM harus meningkatkan produktivitasnya dengan melakukan efisiensi yaitu mengurangi aktivitas non value added yang merupakan pemborosan (waste) dan meningkatkan kinerja lingkungan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Green and Lean Productivity. Green Productivity dipopulerkan oleh Asian Productivity Organization (APO) yaitu melakukan penghematan dengan mencegah produk gagal sambil melestarikan lingkungan. Lean merupakan filosofi Toyota production untuk mengeliminir segala bentuk pemborosan yang terjadi dalam aliran nilai. Melalui penambahan mesin filter RO yang mampu meningkatkan kualitas dan jumlah tangkapan air baku maka diperoleh peningkatan produktivitas sebesar 32%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Green and Lean Productivity merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan perlindungan terhadap lingkungan. Kata kunci : Green and Lean Productivity, Non Value Added activity, Waste.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc, M. Reg.Sc;Dyah Santhi Dewi, ST, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous