Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Lean Construction pada Proyek untuk Mereduksi Non Added Value Activity (Studi Kasus pada Proyek Rusunawa ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Lean Construction pada Proyek untuk Mereduksi Non Added Value Activity (Studi Kasus pada Proyek Rusunawa ITS)
Edition
Call Number 2008/07
ISBN/ISSN
Author(s) Saiful
Subject(s) PROJECT MANAGEMENT
Classification 658.404
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perusahaan jasa konstruksi dihadapkan pada persaingan usaha yang sangat ketat dan dituntut secara terus menerus melakukan efisiensi dan efektifitas dalam operasi usahanya. Permasalahan pengelolaan suatu proyek yang sangat kompleks dipandang dari segi operasional. Permasalahan ini diantaranya adalah pembengkakan biaya proyek, akibat harga barang yang tidak menentu, permasalahan project duration akibat perencanaan dan pengelolaan yang tidak bagus, dan masalah operasional lainnya. Beberapa aktivitas sepanjang siklus proyek, meliputi: Perencanaan, pembeliaan material, produksi (pengecoran beton, pengerjaan besi tulangan beton, dll), proses kontrol/pengawasan di lapangan, keuangan dan aktivitas lainnya. Dari sejumlah aktivitas tersebut maka sangat besar kemungkinan terjadi non added value activity. Implementasi konsep ini dapat memperpendek project duration dan menekan biaya operasional dengan melakukan crashing (perampingan) pada aktivitas proyek. Lean diaplikasikan untuk mengidentifikasi waste (non added value activity) pada pelaksanaan proyek serta root cause analysis dan FMEA dilakukan untuk analisa penyebab dan perbaikan. Berdasarkan analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa waste yang tertinggi adalah defect (25.86% waste yang terjadi adalah defect). Kata kunci : Lean construction, Identifikasi waste, Proyek Perumahan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE;Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous