Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Vehicle Routing Problem with Heterogenous Fleet of Vehicles and Time Windows (Studi Kasus : PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Vehicle Routing Problem with Heterogenous Fleet of Vehicles and Time Windows (Studi Kasus : PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia)
Edition
Call Number 2008/11
ISBN/ISSN
Author(s) Gusti Rean Azmi
Subject(s) TRANSPORTATION
Vehicle Routing Problem
Classification 388.049
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini ditujukan untuk memperbaiki rute transportasi yang sudah ada di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, sehingga didapatkan biaya transportasi yang lebih efisien dan pemenuhan demand dari konsumen yang tepat waktu. Problem dipandang sebagai Vehicle Routing Problem dengan kendaraan yang terdiri dari truk yang berbeda kapasitas dan kecepatannya (heterogen) serta adanya batasan waktu yang disebut juga Time Windows. Penyelesaian masalah ini menggunakan pendekatan metode heuristic Tabu Search untuk melakukan pencarian solusi yang paling mendekati optimal dalam menentukan rute terpendek jaringan transportasi. Setelah dilakukan permodelan akhirnya ditemukan solusi yang lebih optimal dalam penyelesaian VehicleRouting Problem di PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Solusi ini mampu menghemat biaya transportasi dari sistem transportasi sebelumnya sebesar Rp. 21.741.950,- menjadi Rp.14.392.250,-. Kata kunci: Time Windows, Tabu Search, Vehicle Fleet Mix, Vehicle Routing Problem.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE;Yudha Prasetyawan, ST., M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous