Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengolahan Sampah Organik dengan Inovasi Komposter yang Ergonomis Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengolahan Sampah Organik dengan Inovasi Komposter yang Ergonomis Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ida Kusnawati Tjahjani
Subject(s) ERGONOMIC
Innovation Composter
QFD
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas sampah sangat buruk dan menjijikkan karena tercampurnya sampah anorganik dengan organik sehingga menimbulkan lindi yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Padahal sebenarnya mengandung komponen yang bernilai ekonomi tinggi bila sudah dipisahkan sejak dari sumbernya, sampah anorganik seperti besi, kertas, gelas dan plastik didaur ulang sebagai bahan baku industri sedangkan sampah organik dibuat pupuk, biogas dan sumber energi listrik dengan suatu alat bernama komposter. Terdapat bermacam komposter dengan model, kapasitas dan perbedaan mekanisme proses yang ditawarkan, namun kurang sesuai dengan ketentuan Badan Standardisasi Nasional tentang Spesifikasi Komposter. Namun standardisasi tersebut ternyata berpotensi mencemari lingkungan karena komposter ditanam dalam tanah dan dibiarkannya lindi terbuang tanpa dikaji dulu kadar COD dan BOD apakah sudah sesuai dengan baku mutu limbah cair yang ditetapkan jika dibuang ke badan jalan. Inovasi terhadap komposter secara ergonomis dengan QFD menghasilkan atribut yang harus dipertimbangkan untuk diperbaiki adalah harga dan kesesuaian kapasitas karena belum memenuhi harapan konsumen sebagai suatu alternatif tekno - logi pengolahan sampah organik yang akan menghasilkan lindi yang bermanfaat se- bagai pupuk cair dengan kuantitas banyak dan kualitas yang bagus. Kata kunci : lindi, inovasi komposter, ergonomis, QFD
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc;Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous