Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Optimasi Manajemen Pengelolaan Kualitas Air Kali Surabaya dengan Interval Fuzzy Linear Programming (IFLP)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Optimasi Manajemen Pengelolaan Kualitas Air Kali Surabaya dengan Interval Fuzzy Linear Programming (IFLP)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aditya Maharani
Subject(s) Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan supply air bersih untuk kebutuhan manusia merupakan masalah utama dalam menunjang kesejahteraan manusia. Sementara itu ketersediaan air bersih semakin langka sehingga pengelolaan air harus dilakukan secara optimal baik kuantitas maupun kualitasnya. Didalam pengelolaan kualitas air dikenal dua parameter utama, yaitu BOD (Biochemical Oxygen Demand) dan DO (Dissolved Oksigen), yang masing – masing harus dikendalikan keberadaannya di dalam sungai. Untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, kandungan DO harus mencapai lebih dari sama dengan standard kualitas DO yang berlaku dan kandungan BOD harus mencapai kurang dari sama dengan standart BOD yang berlaku. Perkembangan industri di sepanjang Kali Surabaya dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan hidup masyarakat sekitarnya namun hal tersebut juga menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Pembuangan limbah cair industri ke badan sungai dapat meningkatkan pencemaran dan menurunkan kualitas air. Salah satu alternatif pengelolaan dilakukan dengan cara membangun instalasi pengolahan air limbah, namun pembangunan unit pengolahan limbah membutuhkan biaya yang sangat mahal. Sehingga pada penelian ini akan dilakukan upaya untuk mencari biaya pengolahan limbah optimal. Laju deoksigenasi dan reoksigenasi pada sistem sungai merupakan karakteristik yang dinamik dan tidak pasti. Fungsi pada sistem Kali Surabaya diasumsikan fungsi linier maka pengembangan model yang digunakan pada penelitian ini diusulkan menggunakan Interval Fuzzy Linear Programming, dimana model dasar yang akan dikembangkan adalah model kualitas air Ciptomulyono. Model IFLP diselesaikan dengan solusi interaktif dua tahap. Dari hasil perhitungan didapatkan interval biaya paling minimum untuk pengolahan limbah dengan penentuan alokasi beban limbah dari industri yang akan dibuang disungai sedemikian rupa sehingga memenuhi standard kualitas air yang ditetapkan. Model ini memberikan informasi kepada Pembuat Keputusan, dimana industri di sepanjang sungai harus mengontrol buangannya untuk mencapai kualitas air dengan biaya yang optimum. Kata kunci : Interval Fuzzy Linear Programming, Kali Surabaya, Kualitas Air, Optimasi, Pencemaran Organik
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Ir. Budi Santosa, M.Sc., Ph.D.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous