Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Pendekatan Metode MCDM-Electre III dan Fuzzy Pert untuk Perankingan dan Penjadwalan Proyek (Studi Kasus : PT. Meco Inoxprima)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Pendekatan Metode MCDM-Electre III dan Fuzzy Pert untuk Perankingan dan Penjadwalan Proyek (Studi Kasus : PT. Meco Inoxprima)
Edition
Call Number 2008/I/05
ISBN/ISSN
Author(s) Yusia Ariestanti
Subject(s) MCDM
PROJECT MANAGEMENT
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam suatu manajemen proyek, tahap perencanaan merupakan fase yang kritis, sebab menentukan alokasi dana, waktu dan jadwal yang akan dicapai, meskipun tujuan tidak selalu dapat dicapai. Untuk menghindari hasil yang tidak diinginkan, dibutuhkan pengendalian dan perencanaan yang lebih baik. PT. Meco Inoxprima merupakan perusahaan job order dan terkadang order yang masuk, datang pada hari yang sama. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan yang berhubungan dengan pengerjaan order, yang meliputi perankingan dan penjadwalan. Permasalahan perankingan merupakan permasalahan yang melibatkan banyak kriteria, sehingga digunakan pendekatan metode multi kriteria, yaitu metode Electre III. Dimana metode tersebut memperhitungkan derajat kepentingan relatif menurut preferensi subyektif dari pengambil keputusan. Sedangkan untuk melakukan penjadwalan pengerjaan order digunakan pendekatan metode Fuzzy PERT (Program Evaluation Review Technique) untuk mendapatkan lintasan kritis serta total durasi penyelesaian order. Hasil yang didapatkan dari perankingan menunjukkan bahwa order vibro mixer 80 Ltr. menempati ranking pertama, diikuti dengan order scrubber tank SD-6, order transport vessel 250 Ltr. dan hopper and tank, order scrubber tank SD-3,5 serta order perpipaan untuk WFI. Sedangkan penjadwalan hanya dilakukan untuk order vibro mixer 80 Ltr. saja dan didapatkan total durasi penyelesaian order tersebut sebesar 11390,47 menit. Kata kunci: Order, Pembobotan Kriteria, Electre III, Jaringan PERT, Fuzzy PERT
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous