Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Penjadwalan Proyek Pembuatan Kereta Api Kelas Ekonomi (K3) dengan Menggunakan Pendekatan Algoritma Genetika (Studi Kasus : PT. Inka Madiun)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Penjadwalan Proyek Pembuatan Kereta Api Kelas Ekonomi (K3) dengan Menggunakan Pendekatan Algoritma Genetika (Studi Kasus : PT. Inka Madiun)
Edition
Call Number 2008/I/06
ISBN/ISSN
Author(s) Puri Arima Kurniasari
Subject(s) GENETIC ALGORITHMS
PROJECT MANAGEMENT
Classification 658.404
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pengiriman produk tepat pada waktunya merupakan hal yang sangat penting terutama pada iklim persaingan global seperti saat ini, perusahaan dituntut untuk dapat membuat jadwal proyek yang optimal dengan durasi yang minimum dan juga feasible dengan memperhatikan hubungan ketergantungan dan juga adanya keterbatasan sumber daya. Proyek pembuatan 14 gerbong kereta api kelas ekonomi (K3) pada PT INKA Madiun merupakan proyek yang menggunakan workshop untuk menyelesaikan masing-masing aktivitas, dimana jumlah tenaga kerja untuk masing-masing workshop terbatas. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan yang mengalokasikan sumber daya. Penelitian ini mengaplikasikan Genetic Algorithm sebagai prosedur pencarian nilai yang optimal untuk penjadwalan proyek. Genetic Algorithm merupakan suatu metode heuristik dalam proses pencarian solusi optimal dimana proses ini berangkat dari serangkaian populasi yang di-generate secara acak. Iterasi-iterasi yang dijalankan berpedoman pada prinsip-prinsip evolusi biologis. Hasil penjadwalan menunjukkan jadwal yang optimal dibandingkan dengan jadwal awal, yakni jadwal yang dihasilkan tidak mngandung overload tenaga kerja dengan waktu paling optimal untuk menyelesaikan proyek dengan menggunakan pendekatan algoritma genetika adalah 96 hari. Kata kunci: Proyek, Aktivitas, Durasi,Hubungan Ketergantungan, Sumber Daya, Algoritma Genetika
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous