Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Activity Based Costing (ABC) untuk Menentukan Standard Unit Cost Pendidikan Program S-1 (Studi Kasus : Jurusan Statistik - ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Activity Based Costing (ABC) untuk Menentukan Standard Unit Cost Pendidikan Program S-1 (Studi Kasus : Jurusan Statistik - ITS)
Edition
Call Number 2008/I/07
ISBN/ISSN
Author(s) Aestikani Mahani
Subject(s) Activity Based Costing (ABC)
MANAGERIAL ACCOUNTING
Classification 658.155 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Status Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan segera bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Pendidikan Badan Hukum Milik Negara (PTBHPMN) memacu pihak manajemen untuk berbenah diri dalam mewujudkan tata pengelolaan yang baik. Salah satu komponen strategis yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah penentuan besar biaya jasa pendidikan (belajar-mengajar) yang pembiayaannya diambil dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yaitu dana SPP dan SPI. Mengingat sumber pendapatan tersebut menopang sebagian besar kebutuhan dana operasional maupun pengembangan organisasi maka diperlukan upaya efisiensi dan akuntabilitas pengelolaannya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka diperlukan kajian mengenai penggunaan biaya pada aktivitas pendidikan baik di jurusan dan fakultas sebagai activity centre. Sehingga perancangan model dan penerapan model Activity based Costing merupakan metode yang dapat mengakomodasi hal tersebut. Penelitian diawali dengan me-review sistem akuntansi perguruan tinggi, penetapan asumsi model, identifikasi proses bisnis dan aktivitas di jurusan Statistik sebagai pilot project, identifikasi cost component tiap aktivitas, penentuan cost driver dan mengalokasikan overhead cost ke masing-masing aktivitas serta menghitung besarnya total cost dan variansi antara metode existing terhadap metode ABC. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan besarnya biaya per unit yang diperoleh dengan metode ABC adalah sebesar Rp. 3.399.323 sedangkan dari metode traditional costing adalah sebesar Rp. 3.550.948. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi overcosting dengan variansi (selisih) biaya sebesar Rp. Rp. 115.625 per unit. Kata kunci : Activity based Costing, Biaya Jasa Pendidikan, Variansi Biaya
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous