Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma dan Rancang Bangun Perangkat Lunak untuk Menyelesaikan Permasalahan Pengepakan Irregular Product (Kasus : SOFA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma dan Rancang Bangun Perangkat Lunak untuk Menyelesaikan Permasalahan Pengepakan Irregular Product (Kasus : SOFA)
Edition
Call Number 2008/I/08
ISBN/ISSN
Author(s) Rianto Anugerah Wicaksono
Subject(s) Bin-Packing
Optimization
Classification 519.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan pengepakan adalah salah satu area pembelajaran dalam manajemen distribusi. Memaksimalkan daya angkut dan meminimalkan jumlah armada angkut adalah fungsi tujuan yang ingin dicapai dalam permasalahan ini. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah item yang akan ditempatkan kedalam container tidak lagi hanya didefinisikan dalam bentuk rectangular atau box, tetapi bentuk-bentuk lain selain bentuk box ini. Permasalahan ini dapat di definisikan sebagai Irregular Packing Problem, dimana item yang diletakkan berbentuk non-rectangular. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma untuk dapat menyelesaikan permasalahan pengepakan Irregular product. Dalam penelitian ini fokus objek yang digunakan adalah item Sofa dengan bentuk L-Shape. Algoritma ini dikembangkan berdasarkan algoritma yang telah ada. Karena algoritma pengepakan sofa 3 dimensi belum banyak dikembangkan, maka dalam penelitian ini dikombinasikan pendekatan 2 Dimensional Irregular Packing Algorithm dengan 3 Dimensional Regular Packing Algorithm yang telah dikembangkan oleh penelitian terdahulu. Pada penelitian ini dihasilkan algoritma dasar setelah mengkombinasikan dua algoritma yang telah ada dan menterjemahkannya kedalam rancang bangun perangkat lunak. Perangkat lunak ini bertujuan untuk melakukan simulasi dan percobaan numerik untuk melihat keandalan algoritma dalam menyelesaikan masalah. Dengan melakukan evaluasi pada percobaan yang dilakukan, diperoleh algoritma dan perangkat lunak untuk dapat menyelesaikan permasalahan pengepakan sofa kedalam kontainer. Kata kunci: Optimasi, Container Loading Problem, Three-dimensional packing problem, irregular packing problem.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous