Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Penjadwalan Perawatan Mesin Pembangkit Listrik dengan Analisa Keandalan dan Aplikasi FMECA-Fuzzy (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jatim APJ Pamekasan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Penjadwalan Perawatan Mesin Pembangkit Listrik dengan Analisa Keandalan dan Aplikasi FMECA-Fuzzy (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jatim APJ Pamekasan)
Edition
Call Number 2008/I/11
ISBN/ISSN
Author(s) Suci Prawira Sari
Subject(s) Maintenance
Optimization
Reliability
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Keandalan adalah ukuran dari kualitas sistem / komponen untuk melakukan unjuk kerja sesuai fungsinya dalam suatu kondisi operasi dan periode waktu tertentu. Sejak beberapa tahun belakangan ini efisiensi di PT. PLN mengalami penurunan. Hal ini ditandai terjadinya kerusakan di luar maintenance rutin yang dapat menurunkan keandalan mesin di sistem tersebut. Pada tugas akhir ini membahas interval perawatan yang paling optimal dilihat dari segi keandalan, menentukan jumlah maintenance dan waktu rata-rata perbaikan yang paling optimal dalam melakukan perawatan ,dan meminimalkan total biaya operasi pada komponen sistem bahan bakar, serta melakukan usulan rencana perbaikan sistem perawatan mesin menggunakan metode FMECA - FUZZY. Hasil dari penelitian adalah dengan batasan nilai keandalan sebesar 0.95 dan nilai availability sebesar 0.995, maka interval perawatan tiap komponen 6000 jam, jumlah perawatan yang paling optimal sebanyak 1 kali perawatan, waktu rata-rata repair 12 jam dengan biaya total operasi yang paling optimum sebesar Rp. 38.994.018. Pada risk matrix terdapat komponen yang harus dilakukan perawatan karena akan menimbulkan bahaya baik pada crew ,environment, property perusahaan, dan downtime. Pada Fuzzy didapatkan mesin pembangkit terbaik dilihat dari sistem bahan bakar yaitu mesin DEUTZ dengan nilai 0.336979608, mesin MAN sebesar 0.334231768 dan mesin MTU dengan nilai 0.328788624. Kata kunci : Keandalan, Maintenance, Failure Mode and Criticality Analysis (FMECA), Fuzzy
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous