Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Alternatif Perbaikan untuk Meminimasi Biaya Lingkungan dengan Pendekatan Environmental Management Accounting (Studi Kasus : PT. Kertas Leces Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Alternatif Perbaikan untuk Meminimasi Biaya Lingkungan dengan Pendekatan Environmental Management Accounting (Studi Kasus : PT. Kertas Leces Persero)
Edition
Call Number 2008/I/14
ISBN/ISSN
Author(s) Merdiano Buyung M.R.
Subject(s) Enviromental Management Accounting
Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Kertas Leces (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pulp dan kertas dengan pagsa pasar yang cukup besar. Agar dapat bertahan dalam persaingan yang ketat, PT. Kertas Leces berusaha melakukan perbaikan pada berbagai aspek, salah satunya adalah aspek lingkungan, untuk menciptakan proses produksi yang ramah lingkungan dan brand image yang baik dan handal di mata masyarakat pada umumnya dan konsumen. Selain itu PT Kertas Leces juga tengah berusaha untuk melakukan efisiensi di segala bidang untuk meningkatkan produktifitasnya. Penerapan Environmental Management Accounting (EMA) dan Cleaner Production bisa menjadi alternatif solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk membuat suatu pemodelan benefit cost sistem pengelolaan lingkungan di perusahaan sehingga memudahkan peneliti untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi biaya lingkungan dan benefit yang diapat dari menerapkan biaya lingkungan. Penelitian diakhiri dengan pemilihan skenario terbaik yang mampu mengurangi dampak lingkungan dan memiliki benefit cost ratio terbesar. Berdasarkan hasil penelitian, skenario yang terpilih adalah skenario penggunaan kembali sludge limbah padat untuk diproses menjadi second grade paper dan dijual kembali. Skenario ini pada simulasi tahun 2008 mampu meningkatkan benefit cost ratio dari 0,6006 (benefit untuk model awal) menjadi sebesar 2,156. Skenario ini juga mengurangi jumlah sludge yang dibuang dari berjumlah 77.704 ton menjadi 18630 ton. Kata kunci : Environmental Management Accounting, Cleaner Production,Cost and Benefit Analysis, Sistem Dinamis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Moses L. Singgih, MSc.,MRegSc.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous