Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi FMEAP (Failur Mode and Effect Analysis Process) dan Desain Eksperimen Taguchi untuk Perbaikan Proses dan Peningkatan Kualitas Kertas WFOPP 60 gsm pada Paper Machine III PT. Kertas Leces (Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi FMEAP (Failur Mode and Effect Analysis Process) dan Desain Eksperimen Taguchi untuk Perbaikan Proses dan Peningkatan Kualitas Kertas WFOPP 60 gsm pada Paper Machine III PT. Kertas Leces (Persero)
Edition
Call Number 2008/I/17
ISBN/ISSN
Author(s) Nova Resfita Arahayu
Subject(s) CTQ
FMEAP
Taguchi Experiment Design
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas suatu produk merupakan suatu hal yang penting dan harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya. PT. Kertas Leces (Persero) sebagai salah satu produsen kertas di Indonesia, dituntut untuk dapat memproduksi kertas yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi untuk memperoleh kepuasaan pelanggan. Namun, pada kenyataannya kertas yang diproduksi masih banyak terdapat cacat dan selama ini perusahaan belum mempunyai langkah sistematis untuk mengendalikan dan memperbaiki kualitas kertas. Oleh karena itu melalui penelitian ini, dilakukan upaya pengendalian dan perbaikan kualitas kertas menggunakan desain eksperimen Taguchi. Tahap awal penelitian ini, mendeskripsikan jenis-jenis cacat kertas kemudian mengidentifikasi jenis cacat kertas mana yang menjadi CTQ. Tahap selanjutnya, mengidentifikasi sumber-sumber penyebab CTQ (proses yang mempengaruhi CTQ) dengan menggunakan FMEAP. Berdasarkan hasil FMEAP, penyebab CTQ yang menghasilkan nilai RPN tertinggi diperbaiki dengan desain eksperimen Taguchi untuk mendapatkan kombinasi level optimum (setting proses yang tepat). Berdasarkan hasil penelitian, jenis cacat kertas yang menjadi CTQ adalah penyimpangan brightness. Dari hasil FMEAP dapat diketahui bahwa sumber penyebab terjadinya CTQ adalah proses pengisisan dengan CaCO3, OBA, dan E645 yang tidak sesuai. Proses ini diperbaiki dengan desain eksperimen Taguchi sehingga didapatkan kombinasi level optimum yang meliputi flow CaCO3 level 1,2 m3/jam, flow OBA level 0,04 m3/jam, dan flow E645 level 0,7 m3/jam. Kata kunci : CTQ, FMEAP, desain eksperimen Taguchi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous