Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Stasiun Kerja yang Ergonomis pada Industri Kerajinan Perak (Studi Kasus : Sentra Kerajinan Perak Desa Celuk, Gianyar, Bali)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Stasiun Kerja yang Ergonomis pada Industri Kerajinan Perak (Studi Kasus : Sentra Kerajinan Perak Desa Celuk, Gianyar, Bali)
Edition
Call Number 2008/I/26
ISBN/ISSN
Author(s) I Ketut Agus Sanjaya
Subject(s) Industry Ergonomic
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri kerajinan perak di Desa Celuk masih bersifat home industri, maka sarana dan prasarana pendukung proses produksi masih cukup sederhana. Permasalahan yang didapat adalah pada proses polishing. Pada proses ini pengrajin duduk di kursi dengan leher tertekuk ke bawah. Proses ini dilakukan di meja yang mempunyai penutup agar debu-debu dari hasil pengamplasan tidak berhamburan dan mengganggu pengrajin. Semua Industri Kerajinan perak yang ada di Desa Celuk mempergunakan peralatan polishing yang sama. Dalam penelitian ini, dilakukan analisa terhadap aspek-aspek ergonomi pada proses polishing kerajinan perak. Analisa dilakukan terhadap postur tubuh pengrajin pada saat bekerja. Dari hasil analisa tersebut akan digunakan untuk perancangan fasilitas kerja yaitu meja dan kursi polishing. Metode-metode yang digunakan adalah perhitungan biomekanika, kuisioner keluhan Nordic Body Map, Peta Operator dan Stop Watch Time Study. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi meja dan kursi polishing yang ergonomis pada proses polishing kerajinan perak mampu mengurangi konsumsi energi sebesar 8,2 % dan keluhan-keluhan pada anggota tubuh pengrajin. Selain itu waktu proses pengerjaan polishing juga mengalami pengurangan dari 0,1766jam/unit menjadi 0,1646 jam/unit. Kata kunci : perancangan, ergonomi, nordic body map, peta operator
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous