Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Overall Line Effectiveness (OLE) pada Sistem Produksi Kontinyu untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi dari Lini Produksi (Studi Kasus pada PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Overall Line Effectiveness (OLE) pada Sistem Produksi Kontinyu untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi dari Lini Produksi (Studi Kasus pada PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2008/I/28
ISBN/ISSN
Author(s) Pendik Wahyudianto
Subject(s) Maintenance Management
Overall Line Effectiveness
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sebuah pabrik dapat terdiri dari banyak lintasan produksi berdasarkan posisi pasar, requirement dari konsumen, dan kapabilitas teknis yang tersedia (Nachiappan et al, 2006). Salah satu model lintasan produksi adalah model sistem manufaktur lintasan produksi tunggal dimana produk yang dibuat harus bergerak secara berurutan. Sebagai akibat dari integrasi antar proses tersebut, maka lebih penting untuk memaksimalkan tingkat efektifitas secara keseluruhan dari seluruh lintasan produk daripada secara khusus memfokuskan pada efisiensi equipment secara individual. Metrik perhitungan OLE dapat digunakan untuk mengukur dan menganalisa tingkat efektifitas dari keseluruhan lini produksi. Peneliti mengawali penelitian ini dengan melakukan kajian terhadap konsep Total Productive Maintenance, Six Big Losses dan metode perhitungan OLE. Kemudian peneliti melakukan identifikasi terhadap losses pada sistem produksi yang diamati. Selain itu peneliti juga menganalisa kebijakan maintenance pada unit produksi tersebut. Dari identifikasi losses tersebut peneliti kemudian menghitung nilai dari OLE untuk mengetahui tingkat performansi aktual dari unit produksi tersebut. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa losses terbesar yang terjadi pada unit produksi adalah downtime kategori schedule dan operasi. Untuk usulan perbaikan yang dapat dilakukan adalah melakukan penyesuaian terhadap kebijakan maintenance yang diterapkan selama ini, melakukan prosedur operasi dengan benar dan memberikan kewenangan untuk melakukan aktivitas maintenance dasar semisal cleaning dan lubrikasi kepada operator mesin. Kata kunci: Overall Lines Effectiveness, Maintenance, TPM, Performance
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous