Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Kinerja Lingkungan dengan Metode MCDM-AHP dan Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS) (Studi Kasus : Pabrik Gula Jombang Baru, Jombang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Kinerja Lingkungan dengan Metode MCDM-AHP dan Integrated Environment Performance Measurement System (IEPMS) (Studi Kasus : Pabrik Gula Jombang Baru, Jombang)
Edition
Call Number 2008/I/30
ISBN/ISSN
Author(s) Indah Widya Kusumawardani
Subject(s) Environmental Management
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pabrik Gula Jombang Baru merupakan salah satu unit usaha yang mempunyai kegiatan utama mengolah tebu menjadi gula untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri. Kegiatan operasional pabrik gula berdampak penting terhadap lingkungan sebagai akibat adanya kegiatan perkebunan tebu serta proses produksi. Dampak penting terhadap lingkungan tersebut dapat bersifat positif maupun negatif. Dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan produksi gula adalah terpenuhinya kebutuhan gula dalam negeri sehingga mampu menghemat devisa negara. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan antara lain berasal dari kegiatan pembuangan limbah gas, limbah cair, serta kemungkinan penurunan terhadap kesuburan tanah. Adapun tujuan dari pengukuran kinerja lingkungan adalah untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan operasional pabrik dan mengembangkan dampak positifnya. Dengan melakukan pengukuran kinerja lingkungan terhadap aspek dan dampak lingkungan maka kelestarian lingkungan akan tercapai. Metode yang digunakan sebagai dasar dalam perancangan dan pengukuran kinerja lingkungan ini adalah pendekatan dengan Key to Environment Performance Indicator (KEPI), pembobotan dengan menggunakan kriteria Bapedal dan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), dan Scoring System. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai kinerja lingkungan sebesar 6.457, yang masih berada dalam kategori wana kuning. Sehingga pengawasan yang lebih intensif terhadap KEPI kategori warna kuning sangat diperlukan untuk meningkatkan performansi kinerja lingkungan perusahaan.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous