Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Supplier dan Alokasi Pemesanan dengan Menggunakan Metode Fuzzy-ANP dan Goal Programming (Studi Kasus pada PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Supplier dan Alokasi Pemesanan dengan Menggunakan Metode Fuzzy-ANP dan Goal Programming (Studi Kasus pada PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2008/I/36
ISBN/ISSN
Author(s) Yanuar Pandu Negoro
Subject(s) Fuzzy ANP
Goal Programming
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam dunia industri saat ini proses pemilihan supplier merupakan salah satu elemen penting dalam proses pengadaan barang. Kesalahan dalam pemilihan supplier dapat menjadi hal yang sangat krusial, karena dapat berakibat langsung terhadap kelangsungan proses produksi. Atas dasar permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memilih supplier dengan tepat sehingga resiko terjadinya kesalahan pemilihan supplier dapat diminimalkan. Dalam penelitian ini pendekatan yang akan digunakan adalah fuzzy-ANP dimana dalam fuzzy-ANP diperhitungkan semua kriteria-kriteria yang akan dipertimbangkan dalam melakukan pemilihan supplier. Kemudian setelah itu dilakukan alokasi order untuk memenuhi kebutuhan P.T. Petrokimia Gresik akan ammonia liquid dengan mengunakan formulasi goal programming. Dari hasil perhitungan diperoleh urutan rangking supplier sebagai berikut yaitu PKT pada peringkat pertama, PUSRI pada peringkat kedua, Mitsui pada peringkat ketiga dan MC pada peringkat keempat. Sedangkan alokasi order terbaik adalah dengan menggunakan minimasi deviasi dengan total pengeluaran sebesar $40.564.574 Kata Kunci : Fuzzy-ANP , Goal Programming , Pemilihan Supplier , Alokasi Order.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous