Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Manajemen Logistik untuk Bencana Banjir dengan Pendekatan Metode PERT (Studi Kasus : Banjir Bandang di Jember-Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Manajemen Logistik untuk Bencana Banjir dengan Pendekatan Metode PERT (Studi Kasus : Banjir Bandang di Jember-Jawa Timur)
Edition
Call Number 2008/I/37
ISBN/ISSN
Author(s) Kristya Puji Asti
Subject(s) Logistic Management
PROJECT MANAGEMENT
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Bencana merupakan suatu kejadian yang tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Kerugian yang diakibatkan pun beragam, mulai dari kerugian material, sampai dengan kehilangan nyawa. Salah satu bagaian terpenting dalam penanggulan bencana adalah humanitarian logistic. Humanitarian logistic adalah bantuan logistik yang dibutuhkan pada saat bencana (Fritz Institut,2005). Karena kesamaan karakteristik antara proyek dengan manajemen logistik pada bencana (humanitarian logistic) yaitu ada permulaan dan ada waktu berakhirnya maka pendekatan manajemen proyek untuk humanitarian logistic dapat diterapkan. Penelitian ini dimulai dengan identifikasi aktivitas dalam tahap humanitarian logistic yang dilakukan oleh satkorlak PBP dan dinas-dinas terkait, kemudian dilakukan penghitungan Experted Time dan Variansi kemudian didapat lintasan kritisnya untuk aktivitas yang dilakukan oleh Satkorlak PBP. Dari Hasil perhitungan didapatkan nilai probabilitas aktivitas penanganan bencana untuk dinas sosial bisa diselesaikan selama 59 hari sebesar 83,4%, untuk SAR bisa diselesaikan selama 39 hari sebesar 85,99%, dinas permukiman bisa diselesaikan selama 208 hari sebesar 84,38%, Kepolisian bisa diselesaikan selama 36 hari sebesar 84,38%, PMI bisa diselesaikan selama 31 hari sebesar 86,65%, dinas perhubungan bisa diselesaikan selama 51 hari sebesar 90,99%. Setiap Dinas mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda. Selain itu diperoleh juga suatu lingkup aktivitas dalam pelaksanaan humanitarian logistic sebagai sebuah proyek oleh Satkorlak PBP. Kata kunci : manajemen bencana, humanitarian logistics, PERT
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST., MT;Yudha Prasetyawan, ST., M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous