Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma Inventory Rounting Problem (IRP) untuk Penjadwalan Kapal Tanker BBM Multi-Compartment (Studi Kasus PT Pertamina UPMS V Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma Inventory Rounting Problem (IRP) untuk Penjadwalan Kapal Tanker BBM Multi-Compartment (Studi Kasus PT Pertamina UPMS V Surabaya)
Edition
Call Number 2008/II/02
ISBN/ISSN
Author(s) Fuadie Rahman
Subject(s) Algorithm
Logistic Management
Scheduling
Classification 658.542
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Selama ini PT Pertamina UPms V Surabaya bertanggung jawab penuh terhadap pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, NTT dan Timor Leste. Dalam proses pendistribusian tersebut, tentunya selain diharapkan tidak terjadi kekurangan pasokan di sejumlah depot, juga mampu mengefisiensikan biaya yang dikeluarkan, terutama biaya transportasi. Kondisi yang selama ini terjadi adalah seringkali penjadwalan dilakukan secara reaktif dan tidak konsisten sehingga berdampak pada membengkaknya cost dan sistem penjadwalan yang tidak efektif. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah algoritma dengan penyelesaian secara heuristik, yaitu pengembangan algoritma untuk pengisian kompartemen (on-demand tanker capacity dan full tanker capacity) dan dilanjutkan dengan routing kapal. Hasil yang didapatkan, bahwa pengembangan algoritma penjadwalan ini mampu mengatasi kelangkaan BBM di sejumlah Depot setelah melalui pengujian numerik menggunakan data PT Pertamina UPms V. Dari sisi efisiensi biaya, maka sistem pengisian kompartemen secara Full Tanker Capacity lebih baik daripada On-Demand Tanker Capacity. Penelitian ini juga merancang prototipe dari algoritma yang dibuat menggunakan Visual Basic Application (VBA) with Excel. Kata kunci: penjadwalan, algoritma, pengisian kompartemen, routing kapal.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous