Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Produktivitas dan Kinerja Lingkungan dengan Pendekatan Green Produktivity (Studi Kasus : Rumah Pemotongan Ayam UD. Heri-Magetan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Produktivitas dan Kinerja Lingkungan dengan Pendekatan Green Produktivity (Studi Kasus : Rumah Pemotongan Ayam UD. Heri-Magetan)
Edition
Call Number 2008/II/13
ISBN/ISSN
Author(s) Mera Kariana
Subject(s) enviromental Management
GREEN PRODUCTIVITY
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri Rumah Pemotongan Ayam (RPA) menghasilkan beberapa limbah organik berupa limbah padat dan cair yang berpotensi sebagai sumber pencemar lingkungan. Green Productivity (GP) dapat digunakan dalam mencari solusi untuk meningkatkan produktivitas dan melindungi kelestarian lingkungan. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi sumber penyebab limbah, menentukan tujuan dan target, memilih sumber daya dan informasi yang tersedia untuk menyusun alternatif green productivity. Alternatif terpilih dalam penelitian ini adalah melakukan modifikasi tata kelola air limbah serta membuat alat dan fasilitas RPA. Modifikasi tata kelola air limbah terbaik adalah memisahkan dan memasukkan darah dan limbah pencucian jeroan ke dalam digester untuk menghasilkan bio gas. Pembuatan peralatan dan fasilitas RPA adalah membuat alat teknologi tepat guna untuk mempermudah proses pencucian jeroan, pembuatan saringan kolam penampung air limbah, membuat kolam ikan lele dan pembuatan digester bio gas. Dari alternatif tepilih dapat meningkatkan indeks produktivitas yang sebelumnya 120.51% meningkat menjadi 121.533%. Modifikasi tata kelola air limbah RPA dan pembuatan alat filter air limbah menghasilkan peningkatan EPI dari 0.18 menjadi 5.13. Konsumsi air untuk proses di RPA yang dapat dihemat dengan alternatif terpilih adalah 6,331 liter per tahun. Sehingga dengan menggunakan alternatif terpilih limbah organik dapat dijadikan sebagai revenue generator dan lebih ramah lingkungan. Kata Kunci : Green Productivity, Limbah Organik, Revenue Generator, EPI
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous