Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Lean Six Sigma untuk Mengurangi Waste pada Industri Pupuk (Studi Kasus: Unit Petroganik PT. Gresik Cipta Sejahtera)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Lean Six Sigma untuk Mengurangi Waste pada Industri Pupuk (Studi Kasus: Unit Petroganik PT. Gresik Cipta Sejahtera)
Edition
Call Number 2008/II/14
ISBN/ISSN
Author(s) Irwadi Hidayat
Subject(s) FMEA
LEAN SIX SIGMA
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Unit Petroganik adalah salah satu unit bisnis di PT. Gresik Cipta Sejahtera yang memproduksi pupuk “Petroganik”. Pabrik ini baru berdiri pada bulan Januari 2007. Pencapaian target produksi sangat jauh dari harapan manajemen, dan memerlukan pembenahan di proses produksinya. Penelitian ini menerapkan konsep Lean Sigma untuk melakukan pengurangan waste pada proses produksi. Penggambaran kondisi eksisting dilakukan dengan menggunakan standarisasi yang ditetapkan dalam klausul ISO 9001. Identifikasi waste dilakukan dengan menggunakan E-DOWNTIME (9 Waste). Proses penelusuran akar masalah dan pembobotan prioritas perbaikan dilakukan dengan mengunakan RCA dan FMEA. Pada kondisi perbaikan, dibangun to – be system dan mekanisme kontrol terhadap perbaikan yang dilakukan dengan memakai klausul ISO 9001. Dari hasil penelitian diperoleh waste kritis yang dijadikan fokus penelitian yaitu waste waiting dimana pada waste waiting memiliki sub waste kritis pada proses penjemuran, Crusher, Dryer dan Packing. Dari hasil RCA dan FMEA didapat lima alternatif perbaikan dan alternatif terbaik adalah alternatif pembuatan gudang, pengadaan alat penghancur baru, pengadaan mesin pendingin, perbaikan sistem pengawasan supplier dan redesain sistem pembakaran Dryer. Kriteria kritis yang menjadi acuan perbaikan adalah peningkatan kapasitas produksi, efektivitas proses dan pengurangan waktu tunggu. Kriteria ini menjadi acuan dokumentasi pengendalian proses perbaikan. Kata kunci: Lean Sigma, Waste, Root Cause Analysis, Failure Mode and Effect Analysis, ISO 9001.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE;Naning Aranti Wessiani, ST., MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous