Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemilihan Supplier dan Alokasi Order Menggunakan Pendekatan Taguchi Loss Function-AHP-Fuzzy Multiobjective Integer Programming (Studi Kasus PT. Susanti Megah)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemilihan Supplier dan Alokasi Order Menggunakan Pendekatan Taguchi Loss Function-AHP-Fuzzy Multiobjective Integer Programming (Studi Kasus PT. Susanti Megah)
Edition
Call Number 2008/II/16
ISBN/ISSN
Author(s) Alifulloh Azhar
Subject(s) Fuzzy
Supplier Selection
Taguchi
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian tugas akhir ini adalah tentang pemilihan supplier dan alokasi jumlah pemesanan bahan baku plastik kemasan garam konsumsi di PT Susanti Megah. Metode Fuzzy Multiobjective Integer Programming. Kemampuan metode ini dalam mengakomodasi adanya ketidakpastian informasi akan diaplikasikan di perusahaan dalam pengambilan keputusan alokasi order. Sedangkan AHP digunakan untuk membobotkan kriteria untuk menilai loss, taguchi loss function digunakan untuk mengganti judgment penilaian alternatif pada AHP konvensional dengan pendekatan yang obyektif. Dalam model ini digunakan tiga fungsi tujuan, yaitu minimumkan Total Loss of Profit (TLP), Total Cost of Purchase (TCP), dan Percentage Rejection (PR). Koefisien fungsi tujuan TLP didapatkan dari nilai Weighted Taguchi Loss. Nilai tersebut didapatkan dari perhitungan loss untuk setiap kriteria menggunakan konsep dari Taguchi dalam Taguchi Loss Function. Faktor preferensi pengambil keputusan dimasukkan dengan memberikan bobot yang berbeda pada tiap kriteria menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dari hasil penelitian didapatkan alokasi order untuk setiap supplier pada tingkat ketidakpastian informasi kapasitas yang berbeda. Sebagai contoh untuk tingkat Ketidakpastian Informasi kapasitas supplier dk =10 % pada material K250 didapatkan order sebesar 3343 roll untuk PT IGI, 2618 roll untuk PT SPA, dan 289 roll untuk PT SS. Berdasarkan perubahan alokasi order pada peningkatan ketidakpastian informasi diketahui untuk bahan baku K250 PT SS memiliki performansi terbaik diikuti PT SPA, kemudian PT IGI. Untuk bahan baku K500, J250, dan J500, performansi terbaik ditunjukkan PT SPA, diikuti PT IGI. Kata kunci: Pemilihan supplier, Fuzzy Multiobjective Integer Programming, Taguchi loss function, AHP
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous