Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Algoritma Heuristik untuk Penentuan Konsolidasi dan Jenis Kapasitas Mobil Tangki dalam Penjadwalan Pengiriman Bahan Bakar Minyak (Studi Kasus PT. Pertamina UPMS V)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Algoritma Heuristik untuk Penentuan Konsolidasi dan Jenis Kapasitas Mobil Tangki dalam Penjadwalan Pengiriman Bahan Bakar Minyak (Studi Kasus PT. Pertamina UPMS V)
Edition
Call Number 2008/II/21
ISBN/ISSN
Author(s) Isnaeni Yuli Arini
Subject(s) Algorithm
Logistic Management
Scheduling
Classification 658.53
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Distribusi bahan bakarmMinyak merupakan aktifitas penting pada PT. Pertamian (Persero) UPMS V sebagai perusahaan yang bertugas memasok produk tersebut. Dalam aktivitas transportasi, perusahaan harus menggunakan mobil tangki yang disewa dari beberapa pemilik mobil tangki atau perusahaan transporter. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah biaya sewa mobil tangki yang besar, utilitas mobil tangki yang kurang optimal, serta banyaknya keluhan dari pelanggan tentang keterlambatan pengiriman. Hipotesa awal penelitian ini adalah jika dilakukan konsilidasi pengiriman dan dilakukan penjadwalan secara cermat, maka diharapkan biaya sewa harian mobil tangki dapat diturunkan secara signifikan. Pada penelitian ini konsulidasi dilakukan dengan metode saving matrix, sedangkan penjadwalan menggunakan route sequence. Dengan menggunakan data pengiriman yang sama pada tanggal 10 Januari 2008, penelitian ini mampu mereduksi biaya sewa sebesar 17.18% dari biaya awal. Kata Kunci : konsulidasi pengiriman, penjadwalan, saving matrix, route sequence
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous