Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Simulasi untuk Implemntasi Lean Operation pada Proses Inbound dan Outbound di Distribution Center Produk Jadi, Studi Kasus : PT. X (DC)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Simulasi untuk Implemntasi Lean Operation pada Proses Inbound dan Outbound di Distribution Center Produk Jadi, Studi Kasus : PT. X (DC)
Edition
Call Number 2008/II/22
ISBN/ISSN
Author(s) Sandi Widianto Paulus Takasana
Subject(s) Lean Operation
Simulation
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi lean operations pada distribution center (DC) sebuah pabrik penghasil consumer goods,PT.X, menggunakan metode simulasi. Implementasi tersebut dilakukan mengingat masih banyak terdapat bottleneck dalam proses bongkar muat (inbound & outbound) di DC.Bottleneck tersebut menyebabkan penumpukan WIP dan memperpanjang process lead time. Pada akhirnya hal tersebut akan mempengaruhi kinerja rantai pasok. Untuk memetakan flow process secara fisik maupun informasi termasuk terjadinya bottleneck digunakan metode value stream mapping (VSM). Dengan metode ini dihasilkan tiga skenario perbaikan untuk mendapatkan WIP yang lebih rendah serta throughput yang lebih tinggi. Kemudian, untuk mengevaluasi kinerja dari skenario-skenario tersebut digunakan metode simulasi. Hasil uji coba numerik menunjukkan bahwa skenario perbaikan terbaik menghasillkan peningkatan throughput sebesar 17,3% dan penurunan WIP 83,7% pada proses inbound. Sedangkan pada proses outbound, skenario terbaik menghasilkan peningkatan pada throughput 22,1% dan penurunan WIP 75,8% Kata kunci: Simulasi, Lean Operation, Value Stream Mapping, Lead Time, Waste
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous