Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Perancangan Solusi Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam Upaya Perbaikan Safety Behavior Pekerja (Studi Kasus PT. X Indonesia, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Perancangan Solusi Perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam Upaya Perbaikan Safety Behavior Pekerja (Studi Kasus PT. X Indonesia, Surabaya)
Edition
Call Number 2008/II/28
ISBN/ISSN
Author(s) Atika Dewi Larasati
Subject(s) K3
Safety Behaviour
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Saat ini SMK3 yang baik saja tidak cukup dipunyai oleh suatu perusahaan, karena saat ini masalah yang cukup sering dihadapi oleh banyak perusahaan adalah bagaimana meningkatkan safety behaviour dari pekerja, agar pekerja memiliki kesadaran yang lebih tinggi terhadap keselamatan dirinya sendiri ataupun keselamatan orang dan lingkungan sekitarnya. PT. X Indonesia sudah mendapatkan banyak penghargaan di bidang K3, namun dari hasil dari studi lapangan dan brainstorming dengan factory manager di perusahaan, ternyata masalah utama yang dihadapi adalah mengenai safety behaviour pekerja. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti mengenai safety behaviour pekerja di PT. X. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa tindakan tidak aman (unsafe behavior) yang paling sering terjadi di PT. X adalah pekerja sering melakukan perbaikan/pembersihan mesin saat mesin dalam kondisi menyala/berjalan dan pekerja bekerja tidak memakai APD. Dan untuk mengetahui penyebab pekerja bertindak tidak aman, dengan menggunakan root cause analysis kemudian dicari akar penyebab mengapa pekerja bertindak tidak aman. Setelah itu dibuat solusi perbaikan, seperti memberikan tambahan aturan pada SOP mengenai perbaikan/pembersihan mesin dan pemakaian APD, menambahkan safety sign, dan juga memperketat fungsi kontrol dari perusahaan. Selain itu juga dibuat sistem informasi K3 dalam upaya untuk memperbaiki safety behavior pada pekerja. Kata kunci : Safety behaviour, Unsafe behaviour, Sistem informasi K3
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc.;Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous