Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Algoritma Ant Colony System (ACS) untuk Open Veriche Rounting Problem (OVRP) dalam Penentuan Rute Distribusi Surat Kabar (Studi Kasus : Harian Surya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Algoritma Ant Colony System (ACS) untuk Open Veriche Rounting Problem (OVRP) dalam Penentuan Rute Distribusi Surat Kabar (Studi Kasus : Harian Surya)
Edition
Call Number 2008/II/30
ISBN/ISSN
Author(s) Prima Agustina
Subject(s) Algorithm
Vericle Rounting
Classification 005.1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Open Vehicle Routing Problem (OVRP) merupakan salah satu varian VRP yang memiliki keunikan yaitu bentuk pathnya yang terbuka, artinya kendaraan tidak diizinkan kembali ke depot setelah pengiriman. Banyak pendekatan heuristik yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan OVRP, salah satunya adalah Algoritma Ant Colony System (ACS). Algoritma ini diilhami dari perilaku semut untuk menemukan jarak terpendek dengan menggunakan jejak pheromone sebagai alat komunikasi tidak langsung. Tahap inisialisasi pheromone pada Algoritma Ant Colony System (ACS) ini menggunakan Nearest Neighbor dan tahap improvement menggunakan tiga aturan utama yaitu state transition, local updating dan global updating. Studi kasus pada tugas akhir ini yaitu distribusi surat kabar Harian Surya. Tujuannya yaitu menentukan urutan rute dan jumlah kendaraan sewa yang optimal dengan batasan kapasitas kendaraan dan deadline pengiriman. Selama ini penentuan rute dirasa belum optimal karena urutan rute yang ada merupakan hasil intuisi sopir yang dirasa rute terpendek. Hasil output perangkat lunak berdasarkan Algoritma Ant Colony System (ACS) mampu meminimasi jumlah kendaraan dari 7 menjadi 5 kendaraan sehingga mengurangi biaya sewa sebesar Rp.9000.000,- per bulan. Kata kunci: OVRP, Algoritma Ant Colony System (ACS), Nearest Neighbor
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous