Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Alat Pengering Ikan yang Memanfaatkan Tenaga Surya Berdasarkan Quality Function Deployment (Studi Kasus : Perkampungan Nelayan Kenjeran Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Alat Pengering Ikan yang Memanfaatkan Tenaga Surya Berdasarkan Quality Function Deployment (Studi Kasus : Perkampungan Nelayan Kenjeran Surabaya)
Edition
Call Number 2008/II/31
ISBN/ISSN
Author(s) Puspita Ekawati
Subject(s) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada wilayah daratan, sehingga jumlah sumber daya laut sangat melimpah, salah satunya adalah ikan. Salah satu cara mengawetkan ikan adalah dengan mengeringkannya. Ikan yang dikering ini sebagian didapat dari sisa penjualan ikan segar. Indonesia yang beriklim tropis menyebabkan intensitas matahari tersedia banyak. Tenaga surya inilah yang dimanfaatkan untuk merancang alat pengering ikan seperti yang telah ada di Perkampungan Nelayan, Kenjeran. Keberadaan alat tersebut belum sesuai dengan keinginan masyarakat sekitar, sehingga mereka kembali menjemur ikan di tempat terbuka. Pengeringan secara manual ini sangat bergantung pada matahari, memakan waktu pengeringan yang lama, dan menghasilkan ikan yang tidak higienis. Karena itu, perlu dikembangkan alat pengering ikan yang sesuai dengan keinginan para pengering ikan di Kenjeran. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah penyebaran kuesioner untuk mendapatkan Voice of Customer (VoC) dan pembuatan Quality Function Deployment (QFD). Alat pengering yang dirancang mampu meningkatkan jumlah ikan yang dikeringkan dengan jumlah tambahan 5,32 kg ikan bulu ayam mentah, memberikan keuntungan tambahan sebesar Rp10.640 tiap periode pengeringan, meningkatkan higienitas ikan kering, serta dapat tetap mengeringkan saat panas matahari kurang memadai dengan menggunakan heater. Kata Kunci : tenaga surya, alat pengering ikan, voice of customer (voc), quality function deployment (qfd).
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST., M.Eng.Sc;Ir. Mokh. Suef, M.Sc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous