Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penilaian Kinerja dengan Pendekatan Malcolm Baldrige National Quality Award untuk Kriteria Pendidikan Berdasarkan Hubungan Dependence antar Subkriteria Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus : Jurusan Teknik Industri-ITS Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penilaian Kinerja dengan Pendekatan Malcolm Baldrige National Quality Award untuk Kriteria Pendidikan Berdasarkan Hubungan Dependence antar Subkriteria Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus : Jurusan Teknik Industri-ITS Surabaya)
Edition
Call Number 2008/II/33
ISBN/ISSN
Author(s) Era Muji Susilowati
Subject(s) ANP
MBNQA
Performance Measurement
QUALITY ASSURANCE
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Mutu suatu jurusan di suatu perguruan tinggi perlu ditingkatkan secara berkelanjutan (continuous improvement) karena meningkatnya persaingan. Eksistensi suatu jurusan pada perguruan tinggi di masa mendatang tidak hanya tergantung pada pemerintah melainkan pada penilaian stakeholder, oleh karena itu pada penelitian ini digunakan ranking yang ditentukan oleh stakeholder. Penelitian ini menggunakan kriteria Malcolm Baldrige National Quality Award untuk Kriteria Pendidikan sebagai salah satu model penjaminan mutu perguruan tinggi. Namun, ranking kriteria ditentukan berdasarkan stakeholder dengan Analytic Network Process. Selanjutnya, dilakukan rekomendasi perbaikan berdasarkan ranking yang didapatkan. Penelitian ini menghasilkan ranking yang tertinggi yaitu kriteria Results dan ranking terendah yaitu kriteria Stakeholder Focus, dan diperoleh nilai kinerja jurusan sebesar 500. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja jurusan adalah good performance. Rekomendasi untuk kriteria terendah yang sesuai dengan kondisi jurusan Teknik Industri adalah meningkatkan target Key Performance Indicator untuk indikator penelitian dosen dan indikator pelayanan administrasi dengan membuat dokumen standar pelayanan. Rekomendasi ini telah divalidasi oleh pihak jurusan diwakili oleh Ketua Jurusan. Kata kunci : Quality Assurance Pendidikan Tinggi, MBNQA untuk Kriteria Pendidikan, ANP, Penilaian kinerja
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous