Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Tingkat Efisiensi Klaster untuk Industri Manufactur Jawa Timur dengan Menggunakan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Tingkat Efisiensi Klaster untuk Industri Manufactur Jawa Timur dengan Menggunakan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)
Edition
Call Number 2008/II/35
ISBN/ISSN
Author(s) Abdullah Al Makmun
Subject(s) Cluster Efficiencies
Data Envelopment Analysis (DEA)
Classification 658.403
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Jawa Timur yang merupakan salah satu pusat perindustrian di Indonesia mempunyai banyak potensi yang memicu berkembangnya industri manufaktur. Dari banyaknya industri-industri manufaktur tersebut kemudian terbentuklah klaster-klaster industri yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dalam rangka memperkuat daya saing industri tersebut. Dalam memenuhi tujuan tersebut perlu diketahui efisiensi dan variabel penyusun efisiensi dari masing-masing klaster tersebut. Dalam menjawab permasalahan tersebut akan digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Pertama akan dicari variabel-variabel pembentuk efisiensi dari klaster industri manufaktur di Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan nilai efisiensi dengan menggunakan bantuan software DEA-xp1. Setelah itu akan dihitung peer group untuk masing-masing klaster industry yang tidak efisien dengan menggunakan metode Hierarchical Cluster Analysis dengan menggunakan bantuan software SPSS Untuk menghitung nilai efisiensi dari DMU tersebut digunakan variabel input berupa tenaga kerja, nilai investasi, dan nilai bahan baku. Sedangkan untuk variabel outputnya berupa nilai produksi dan prosentase output terhadap GDP (Gross Domestic Product). Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ditemukan bahwa dari 16 DMU yang diteliti terdapat 9 DMU yang belum efisien. Dari kesembilan DMU yang belum efisien tersebut dilakukan perbaikan dengan penetapan target pada variabel-variabel yang mempunyai nilai slack. Kata kunci: Industri Manufaktur, Data Envelopment Analysis, Efisiensi Klaster, Jawa Timur
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous