Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Intelligent Inspection System Berbasis Computer Vision System Terintegrasi dengan Statistical Process Control (Studi Kasus : Perusahaan Percetakan Buku CV. Jenggala)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Intelligent Inspection System Berbasis Computer Vision System Terintegrasi dengan Statistical Process Control (Studi Kasus : Perusahaan Percetakan Buku CV. Jenggala)
Edition
Call Number 2008/II/41
ISBN/ISSN
Author(s) Kenny Alkano
Subject(s) Image Process
Intelligent Inspection System Design
SPC
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas merupakan salah satu aspek dasar sebuah produk. Untuk mendapatkan kualitas yang terjamin dari suatu produk, maka dibutuhkan suatu sistem produksi yang baik. Termasuk di dalam sistem produksi tersebut adalah sistem inspeksi. Sistem inspeksi yang berjalan dengan baik nantinya akan menjamin produk yang disampaikan pada konsumen memiliki kualitas yang baik. Hingga saat ini, sistem inspeksi sebagian besar masih dilakukan secara visual manual, menggunakan mata operator. Hal ini tentu saja menimbulkan inefisiensi pada sistem inspeksi. Oleh karena itu, Pada penelitian ini akan dibangun suatu sistem inspeksi secara otomatis dan terintegrasi dengan harga yang dapat dijangkau oleh usaha kecil menengah pada CV. Jenggala yang bergerak di industri percetakan. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk menentukan bobot kriteria, pembuatan House of Quality (QFD) untuk mendapatkan respon teknis yang menjadi dasar dalam perancangan alat ini, Image Processing yang digunakan untuk mengolah produk sehingga akan didapatkan informasi produk reject atau tidak, dan Statistical Process Control untuk mendapatkan capability process dan grafik pengendali. Dalam merancang Intelligent Inspection System menfungsikan empat jenis alat yaitu high speed camera, PC, mikrokontroler, dan penanda reject. Hasil penelitian ini diharapkan akan mampu menginformasikan kepada operator bahwa terdapat produk reject dan dapat menginformasikan capability process dari suatu mesin pencetak. Kata Kunci : Perancangan Intelligent Inspection System, Image Processing, Statistical Process Control (SPC)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Prasetyawan, ST., M.Eng;Ir. Mokh. Suef, MSc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous