Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis dan Perancangan Prototype e-CRM untuk Pengelolaan Sales Order )SO) dan Delivery Order (DO) (Studi Kasus : Instalasi Surabaya Group Pertamina ke SPBU)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis dan Perancangan Prototype e-CRM untuk Pengelolaan Sales Order )SO) dan Delivery Order (DO) (Studi Kasus : Instalasi Surabaya Group Pertamina ke SPBU)
Edition
Call Number 2008/II/45
ISBN/ISSN
Author(s) Maulina Noviasih
Subject(s) CRM
MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Classification 658.403 88
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Beberapa kali kita membaca di mass media bahwa persediaan bahan bakar di beberapa SPBU kosong serta terjadi antrian, kondisi seperti ini memilki pengaruh citra negatif perusahaan. Pertamina sebagai produsen bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia mengindikasikan kondisi ini sebagai akibat dari kekuranglancaran aliran informasi dari dan ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) selaku customer. Lebih jauh, Pertamina membutuhkan informasi persediaan tiap produk BBM di masing-masing lokasi SPBU. Kondisi pemenuhan permintaan SPBU saat ini masih belum efektif. Konfirmasi kapan BBM dikirim masih dilakukan manual, bahkan SPBU belum mengetahui kapan BBM akan dikirim. Seringnya terjadi waktu tunggu dalam pengiriman BBM, dikhawatirkan akan menyebabkan customer (SPBU) tidak merasa terpuaskan dalam masalah pelayanan sales order (SO) dan delivery order (DO). Penelitian ini mengusulkan sebuah e-CRM sebagai solusinya. Hasil yang diharapkan adalah suatu mekanisme rancangan sistem informasi yang berbasis web yang bisa diakses dimanapun oleh customer (SPBU) untuk aktivitas pengelolaan SO dan DO yang lebih baik. Sistem solusi tersebut tersebut akan diukur performansinya dengan menggunakan metode simulasi dengan memanfaatkan software Arena. Dari hasil running simulasi Arena tersebut, dapat diketahui bahwa dengan aplikasi e-CRM di Pertamina tersebut, dapat meningkatkan jumlah customer yang terlayani, dan mempercepat waktu proses sales order dan delivery order. Kata Kunci : Sales Order ( SO ), Delivery Order ( DO ), CRM, e-CRM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Erwin Widodo, ST., M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous