Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Menggunakan Algoritma Corelap, Algoritma 2-OPT dan Algoritma Planar Graph untuk Meminimasi Biaya Material Handling (Studi Kasus di PT. Swadaya-Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Menggunakan Algoritma Corelap, Algoritma 2-OPT dan Algoritma Planar Graph untuk Meminimasi Biaya Material Handling (Studi Kasus di PT. Swadaya-Gresik)
Edition
Call Number 2008/II/51
ISBN/ISSN
Author(s) Nanang Aribowo
Subject(s) Facilities Design
Material Handling
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Desain tata letak fasilitas produksi sangat menentukan tingkat produktifitas kerja. Desain tata letak fasilitas produksi yang baik adalah desain yang mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi jarak material handling yang terjadi pada lantai produksi. Sekitar 30-70% total biaya material manufakturing disebabkan oleh biaya material handling yang terjadi pada lantai produksi. PT. Swadaya Graha adalah salah satu perusahaan yang memiliki permasalahan pada tata letak fasilitas produksi. Hal ini diindikasikan dengan tingginya jarak material handling, aliran material yang tidak beraturan sehingga menyebabkan back tracking dan cross movement. Permasalahan tersebut membuat perusahaan berusaha melakukan perbaikan dengan cara penataan ulang tata letak fasilitas lantai produksi. Penelitian ini akan merancang ulang tata letak fasilitas lantai produksi PT. Swadaya Graha dengan menggunakan algoritma CORELAP, algoritma 2-OPT dan algoritma planar graph. Penilaian performansi layout dengan perhitungan biaya material handling dilakukan untuk menganalisa dan memilih rancangan layout perbaikan yang terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah tiga rancangan layout perbaikan yaitu layout perbaikan dengan menggunakan algoritma CORELAP yang memiliki material handling cost sebesar 31700 (penurunan sebesar 39%), layout perbaikan berdasar algoritma planar graph yang memiliki material handling cost sebesar 39279 (penurunan sebesar 24.75%), dan layout perbaikan berdasar algoritma 2-OPT yang memiliki material handling cost sebesar 48093 (penurunan sebesar 7.5%). Kata kunci : Tata letak fasilitas produksi, CORELAP, 2-OPT, planar graph, material handling cost
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc.;Adithya Sudiarno, ST., MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous