Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Reduksi Waste Melalui Pendekatan Lean Six Sigma dan Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) (Studi Kasus : PT. Domusindo Perdana)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Reduksi Waste Melalui Pendekatan Lean Six Sigma dan Theory of Inventive Problem Solving (TRIZ) (Studi Kasus : PT. Domusindo Perdana)
Edition
Call Number 2008/II/54
ISBN/ISSN
Author(s) Suwandi Aprianto
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Waste
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Konsep lean ditekankan pada sebuah cara yang sistematis dalam mengidentifikasi dan menghilangkan elemen yang tidak memberikan nilai tambah dari suatu proses dengan tujuan untuk mencapai kesempurnaan (perfection) dan dengan didorong oleh value yang diinginkan pelanggan. (customer value). Sedangkan Six sigma berfokus pada cacat dan variasi, dimulai dengan mengidentifikasi unsur-unsur yang berpengaruh terhadap kualitas dari suatu proses kemudian menganalisa kemampuan proses, dan bertujuan menstabilkannya dengan cara mengurangi variasi-variasi yang timbul .Penggabungan dua konsep ini secara sederhana memberikan pengertian bahwa variasi-variasi yang timbul sebagai akibat dari elemen-elemen yang tidak memberikan nilai tambah harus dikurangi untuk meningkatkan customer value yang diinginkan. Dengan melakukan pengamatan terhadap proses produksi, akan diperoleh berbagai macam waste yang menimbulkan terjadinya variasi yang tidak diinginkan. Pendekatan six sigma yang digunakan berfungsi untuk mengetahui kondisi awal dari sistem dan FMEA sebagai alat penilai dari kondisi tersebut. Selanjutnya dengan TRIZ yang menggunakan input dari RCA akan dilakukan perbaikan berdasarkan kontradiksi yang muncul. Kata Kunci : Waste, Lean Six Sigma, TRIZ, FMEA,RCA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous